Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball

3. Teknik Memukul Bola. Dalam softball, ada 2 jenis teknik memukul bola yang kerap digunakan. Teknik pukulan tumbuk atau bunt adalah cara memukul bola yang bisa kamu lakukan tanpa harus mengayunkan bat. Caranya, cukup tahan saja arah datang dari bola tersebut dengan menggunakan bat.Teknik pukulan tumbuk dalam permainan softball, salah satu gerakan utamanya adalah - 32329664Teknik memukul juga menjadi teknik yang sangat penting bagi para pemukul bola dalam permainan softball agar bisa menghasilkan lambungan bola yang tinggi. Ada 2 jenis teknik memukul bola dalam permainan softball: Pukulan Tumbuk (Bunt)Jelaskan cara memukul bola dalam permainan softball 4 Teknik Memukul Dalam Permainan Softball dan Caranya . Pukulan Sentuhan Bola; Untuk aturan permainan softball seperti memukul dalam softball ini, posisi tubuh, kaki dan juga lengan juga hampir serupa dengan teknik memukul lainnya.Softball merupakan permainan bola kecil berkelompok yang dimainkan oleh 2 tim dan setiap timnya terdiri dari 9 orang pemain yang mempunyai teknik dasar lempar dan tangkap bola. Memukul dan berlari menuju ke base agar mendapatkan poin atau nilai agar memenangkan pertandingan.

Teknik pukulan tumbuk dalam permainan softball, salah satu

Permainan Softball tepatnya lahir di Amerika Serikat, yang diciptakan oleh George Hancoc di kota Chicago tahun 1887. Awalnya sofball dimainkan hanya untuk kegiatan rekreasi semata dan dilakukan di lapangan tertutup.Namun ternyata dalam waktu singkat softball justru menjadi permainan yang banyak digemari masyarakat disana waktu itu.Daya tarik yang utama mengapa permainan ini cepat dicintaiTeknik Dasar Permainan Softball. Pada teknik dasar permainan softball ini secara umum adalah, lemparan, pukulan dan teknik menangkap. Akan tetapi pada setiap teknik tersebut di bagi menjadi beberapa cara pelaksanaan. Untuk itu bagaimana cara melakukan teknik dasar dalam permainna softball yang benar, pahami teknik dibawah ini yang akan uraikan1 Teknik pukulan tumbuk dalam permainan softball, salah satu gerakan utamanya adalah. * a. Kedua tangan memegang bat di depan wajah b. Satu tangan - 33286465¶ Dalam permainan softball teknik dasar memukul (batting) bertujuan untuk menyerang lawan agar memperoleh nilai untuk meraih kemenangan. ¶ Teknik dasar memukul dalam permainan softball dapat dilakukan dengan dua cara yaitu pukulan bola dengan ayunan (swing) dan pukulan tumbuk (bunting). Evaluasi Bab 2 Tugas Mandiri A .

Teknik pukulan tumbuk dalam permainan softball, salah satu

Pengertian Softball, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan

Teknik dasar permaianan softball - Dalam sebuah permainan softball maupun permainan yang lain, sudah seharusnya kita menguasai teknik-teknik permainan tersebut. Begitupun juga dengan permainan softball minimal kita harus menguasai teknik dasar softball untuk bisa bermain dengan baik dan benar.38. Teknik pukulan tumbuk dalma permainan softball, salah satu gerakan utamanya adalah a. Kedua tangan memegan bat di depan wajah. b. Satu tangan memegang bat di depan wajah. c. Satu tangan memegnag bat di depan badan. d. Kedua tangan memegang bat dan posisinya berada di atas belakang bahu. 39.Teknik dasar memukul bola dalam permainan softball di bagi menjadi beberapa pukulan yakni pukulan tumbuk atau bunt dan pukulan swing. Pukulan Tumbuk / Bunt. Pukulan tumbuk merupakan cara pemukulan bola yang bisa dilakukan para pemain tanpa perlu mengayunkan stik pemukul, tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekatDalam permainan softball terdapat sebuah regu yang berjaga (defensif) dan tim yang memukul bola Berikut penjelasan dari teknik permainan softball seperti menangkap, melempar dan memukul bola. Pukulan tumbuk atau bunt. Memukul dengan pukulan tumbuk atau bunt secara berpasangan.Softball adalah Permainan Bola Kecil yang terdiri dari 2 tim dan diciptakan oleh George Hancock 1887. Ini Teknik, Peralatan, Peraturan, Jumlah Pemain Softball.

Teknik Anyaman Bambu Kurikulum Teknik Industri Itb Teknik Start Jongkok Teknik Kumite Istilah Teknik Sipil Dalam Bahasa Inggris Teknik Ragam Hias Pada Bahan Tekstil Teknik Menggambar Pohon Dibawah Ini Termasuk Teknik Dasar Permainan Softball, Kecuali Teknik Dasar Senam Perhitungan Excel Teknik Sipil Teknik Tangkisan

5 Teknik Dasar Softball Lengkap Beserta Gambar

Softball merupakan sejenis permainan olahraga yang bisa dibilang mirip dengan permainan bola kasti karena perlengkapan dan peralatannya yang hampir sama. Olahraga beregu satu ini dimainkan oleh 2 tim dan softball sendiri diciptakan oleh George Honcock di mana pada tahun 1887-lah permainan ini ditemukan pertama kali di Amerika Serikat.

Kalau kita semua tahu apa itu baseball atau yang juga disebut dengan istilah hardball, maka softball ini sebetulnya bisa dibilang merupakan perkembangan dari baseball. Jika tertarik dengan permainan softball, maka mulailah dengan melengkapi diri dengan perlengkapan softball agar dapat mulai berlatih teknik dasar softball seperti yang bisa disimak di bawah ini.

Teknik Memegang Bola

Salah satu teknik paling mendasar pada permainan softball adalah memegang bola. Tentunya hal ini memerlukan latihan juga mengingat cara memegang bola softball harus secara tepat. Dalam teknik memegang bola, ada 3 teknik yang wajib untuk dipelajari dan dikuasai secara benar oleh para pemain softball seperti berikut ini.

Memegang Bola Menggunakan 2 Jari

Khusus untuk pemain-pemain softball yang memang mempunyai tangan besar berikut juga jari-jari yang panjang, maka otomatis teknik menggunakan 2 jari untuk memegang bola softball lebih dianjurkan supaya juga lebih nyaman. Cara atau teknik semacam ini dapat dilakukan dengan lebih mudah oleh pemain dengan karakteristik tangan tersebut.

Untuk melakukan teknik memegang bola satu ini, bisa dilakukan dengan cara menempatkan jari telunjuk sekaligus jari tengah tepat pada bola bagian atas. Lalu ketiga jari lainnyalah yang digunakan untuk menyangga bagian bawah bola. Bila jari Anda tak cukup panjang dan tangan tak cukup besar maka hati-hati karena bola akan lebih gampang jatuh bila tak cocok pegangannya.

Memegang Bola Menggunakan 3 Jari

Untuk teknik memegang bola 2 jari lebih sesuai bagi pemain-pemain yang memang memiliki jari panjang dan tangan besar, maka untuk pemain yang mempunyai jari pendek dengan tangan kecil, teknik penggunaan 3 jari adalah yang paling direkomendasikan.

Teknik satu ini dapat dilakukan dengan tiga jari (jari telunjung, jari tengah serta tak ketinggalan jari manis) dapat ditempatkan di bagian atas bola. Sementara 2 jari lainnya, yakni ibu jari dan kelingking jelas harus berada di bagian bawah bola sebagai penyangga. Cara ini cukup mudah dan pastikan dapat memegang bola secara nyaman supaya bola juga tak mudah jatuh.

Memegang Bola Menggunakan 4 Jari

Khusus untuk teknik penggunaan 4 jari dalam memegang bola, hal ini lebih dianjurkan untuk digunakan oleh para pemain pemula softball. Selain 4 jari lebih diperuntukkan bagi para pemula, cara ini dapat dipraktikkan lebih-lebih oleh para pemain dengan jari-jari pendek di mana tujuannya adalah supaya bola tak mudah jatuh.

Dalam melakukan teknik memegang bola satu ini, cukup kelima bagian jari tangan bisa ada pada sekeliling bola, seperti ketika menggenggam bola pada umumnya. Cara memegang bola 4 jari ini pada umumnya justru dipakai oleh anak-anak juga karena lebih mudah dan menjamin bola aman di dalam genggaman tangan.

Teknik Memegang Pemukul Bola/Bat

Sebelum kita mempelajari teknik memukul, penting untuk setiap pemain pemula mengetahui cara memegang kayu/stik pemukul atau bat softball secara benar. Dalam cara memegangnya, para pemain sangat patut memerhatikan betul seperti apa posisi tangan yang benar.

Pemain perlu memegang erat-erat stik pemukul menggunakan kedua tangan yang merapat, kalaupun ingin sedikit lebih renggang pun tak masalah. Posisi tangan kanan harus berada di atas tangan kiri ketika menggenggam stik pemukul. Sementara untuk jenis teknik memegang stik pemukulnya, hanya ada tiga, yakni pegangan atas, bawah dan tengah dengan cara yang sama pada dasarnya.

Teknik Memukul Bola

Setelah tahu benar cara memegang stik pemukulnya, maka penting untuk mengetahui segala teknik dasar dalam hal memukul bola. Pada permainan softball, setiap pemain harus dapat menguasai 2 jenis teknik memukul bola dan berikut di bawah ini dapat disimak seperti apa saja cara melakukan teknik tersebut.

Bunt/Pukulan Tumbuk

Pukulan tumbuk di sini adalah cara pemukulan bola yang bisa dilakukan pemain tanpa perlu mengayunkan stik pemukul. Untuk cara melakukannya, cukup tahan arah datang bola saja supaya bola akhirnya bisa jatuh dekat dengan pemain yang menjadi pemukul. Pada teknik memukul satu ini, kedua kaki pemain harus dalam sikap yang benar di mana posisi kaki dipastikan sejajar dengan arah datang bola.

Pukulan Swing

Dalam teknik pukulan swing, pemain perlu memiliki sikap awal yang benar, seperti misalnya berdiri namun kedua kaki dibuka sedikit lebih lebar. Setelah itu, putarlah kaki kiri dengan arah lurus dengan pitcher, sementara tumpuan berat badan ada di kedua kaki sambil badan dicondongkan ke depan sedikit.

Pemain perlu memegang erat tongkat pemukul menggunakan kedua tangan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya lalu bersiaplah dengan posisi memukul. Pada posisi hendak memukul, pegangan pemukul bisa tepat di atas bahu. Pastikan lengan kanan lebih rendah ketimbang lengan bagian kiri dan pandangan pun wajib untuk fokus pada arah datang bola yang berasal dari pitcher.

Setelah pitcher melempar bolanya, pemain pemukul dapat langsung memukul bola secara tepat sambil mengayunkan bat pada arah datang bola yang pitcher lemparkan. Tekuklah kaki kanan sedikit sambil meluruskan kedua tangan. Sebagai sikap akhir, sesudah berhasil memukul bola, lanjutkan dengan gerakan lanjutan di mana pemain bisa menggerakkan ayunan stik pemukul.

Teknik Menangkap Bola

Selain teknik mendasar dalam hal memegang bola, para pemain pemula softball pun penting untuk mampu melatih dan menguasai cara menangkap bola yang benar. Permainan softball membagi cara atau teknik penangkapan bola menjadi 3 di mana hal ini didasarkan pada arah datang bola seperti ulasan berikut.

Ground Ball/Bola Menggelinding

Setiap pemain perlu mengetahui bahwa dalam teknik menangkap bola pun tangkapan perlu menyesuaikan dengan arah datangnya bola. Ada bola yang arah datangnya dari bawah alias menggelinding, jadi tentunya sebagai penangkap bola pun harus bersiap untuk menangkap bola di bagian bawah.

Bola yang arah datangnya di atas tanah alias menggelinding mengharuskan pemain yang berperan sebagai penangkap bola untuk berlutut. Tangan yang telah mengenakan gloves bisa bersiap dengan menempatkannya di arah datang bola. Sementara tangan lainnya bisa juga ancang-ancang untuk menangkap lalu kemudian melemparkan bola tersebut ke arah pemain lawan yang baru memukul.

Bola Melambung

Untuk bola yang melambung, ada teknik tersendiri juga dalam menangkapnya. Dalam melakukan penangkapan bola melambung, para pemain perlu memosisikan badan mereka tepat di mana bola bakal jatuh. Metode atau proses penangkapan bola melambung dapat dilakukan menggunakan satu tangan, namun tak masalah bila ingin menggunakan kedua tangan dalam waktu yang sama.

Straight Ball/Bola Datar

Dalam menangkap bola yang arah datangnya datar atau yang disebut dengan straight ball, posisi tubuh pemain perlu dalam posisi berdiri. Tak hanya sekadar berdiri, perhatikan juga postur yang benar di mana sambil berdiri, kaki juga dalam keadaan terbuka. Pastikan saat hendak menangkap bola ini, pandangan tetap fokus mengarah pada bola yang datang.

Ketika tubuh dan kaki sudah siap, maka untuk bagian tangan, kedua tangan bisa diposisikan siap di depan dada dan tentunya sudah harus mengenakan gloves. Penangkapan bola dapat dilakukan dengan tangan yang sudah mengenakan glove (dalam hal ini menggunakan tangan kiri). Sementara itu, tangan kanan sudah harus siap juga untuk melakukan lemparan setelah menangkap.

Teknik Melempar Bola

Selain dari aturan permainan softball, penting untuk mengetahui dan menguasai segala teknik softball dasar, termasuk juga teknik melempar. Berikut ini adalah beberapa teknik dalam hal melempar bola yang patut untuk dilatih dan dikuasai oleh setiap pemain softball.

Underhand Throw/Lemparan Bawah

Pada umumnya lemparan dari bawah dilakukan pemain saat darurat dan prosesnya sangatlah cepat. Pemain perlu membungkukkan tubuh sambil menekuk kedua kaki. Untuk melakukannya, awalnya pemain harus berada dalam sikap jaga atau sikap melangkah di mana tumpuan berat badan di bagian kaki belakang sementara pandangan tetap ke arah sasaran.

Bola kemudian dilemparkan ke arah depan lewat samping tubuh dan rendahkan tangan dilanjutkan dengan pemindahan berat badan ke kaki depan. Gerakan pergelangan tangan dapat membantu pelepasan bola dan arah bola akan menggelinding datar di atas tanah. Sebagai akhir gerakan, kaki belakang di langkahkan ke depan sementara pandangan bisa mengikuti arah gerak bola.

Sidehand Throw/Lemparan Samping

Pemain perlu memosisikan lengan bawah secara sejajar dengan bahu sewaktu melakukan lemparan. Pastikan untuk ada sedikit lecutan pergelangan tangan dan penggunaan lemparan ini pada umumnya dalam jarak pendek dan akan terjadi sangat cepat. Awalnya, pemain perlu memiliki sikap jaga sambil berdiri di mana tumpuan berat badan ada di bagian kaki belakang.

Pandangan pemain harus tetap fokus ke arah sasaran lempar, barulah setelah siap bola dapat dilemparkan ke depan lewat samping bersama gerak tubuh. Lanjutkan kemudian dengan memindahkan tumpuan berat badan ke bagian kaki depan. Bola yang dilepas dapat dibantu gerakan pergelangan tangan dan setinggi pingganglah arah bola datar.

Overhand Throw/Lemparan Atas

Pada teknik lemparan atas, ayunan tangan pemain berikut juga langkah kaki bisa ditumpukan ke kaki depan bersamaan dengan berat badan. Tubuh pun dapat agak dicondongkan ke belakang sewaktu melempar. Awalnya, pemain perlu bersikap jaga atau sikap melangkah dan menarik tangan yang digunakan untuk melempar ke arah belakang.

Tumpuan berat badan harus dipastikan ada di kaki belakang sementara pandangan harus fokus tetap ke arah sasaran. Lemparan bola adalah ke arah depan dan di waktu yang sama dengan gerak tangan berikut tubuh yang diikuti dengan pemindahan berat badan yang kemudian ditumpukan ke kaki depan.

Pergerakan pergelangan tangan akan membantu pelepasan bola dari tangan pelempar. Sesudah bola lepas atau terlempar, pastikan untuk tak lupa melangkahkan kaki belakang menuju depan sambil berat badan tumpuannya juga di bagian kaki depan. Untuk bagian lengan, pastikan untuk tetap lurus ke depan dan dalam keadaan rileks.

Demikianlah 5 teknik dasar softball yang perlu untuk diketahui di mana cukup ada bedanya dengan baseball. Untuk lebih jauhnya, kenali juga apa saja perbedaan baseball dengan softball supaya dapat memahami kedua jenis olahraga secara jelas.

Mengenal Teknik Dasar Bermain Soft Ball

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Mengenal, Teknik, Dasar, Bermain

Sebutkan Akhir Gerakan Pukulan Swing Pada Permainan Softball - Berbagai Permainan

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Sebutkan, Akhir, Gerakan, Pukulan, Swing, Permainan, Softball, Berbagai

Sebutkan Tiga Teknik Dasar Memegang Tongkat Pemukul Dalam Permainan Softball - Brainly.co.id

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Sebutkan, Teknik, Dasar, Memegang, Tongkat, Pemukul, Dalam, Permainan, Softball, Brainly.co.id

Materi Penjasorkes Lengkap

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Materi, Penjasorkes, Lengkap

Materi Penjasorkes Lengkap

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Materi, Penjasorkes, Lengkap

Tolong Yang Mengerti Saja Dan Paham.Tolong Dijelaskan. - Brainly.co.id

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Tolong, Mengerti, Paham.Tolong, Dijelaskan., Brainly.co.id

Plis... Setengah Jam Lagi Di Kumpulkan - Brainly.co.id

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Plis..., Setengah, Kumpulkan, Brainly.co.id

Gerakan Pinggang Yang Benar Saat Memukul Bola Pada Permainan Softball Adalah – Enak

Teknik Pukulan Tumbuk Dalam Permainan Softball : teknik, pukulan, tumbuk, dalam, permainan, softball, Gerakan, Pinggang, Benar, Memukul, Permainan, Softball, Adalah